Jumat, 14 Januari 2011

Soto Bathok Saragan

“Alarm” di perut saya mengingatkan untuk segera diisi. Hmmm, makan apa ya? Untuk siang yang terik ini saya ingin sesuatu yang membuat saya segar dan bersemangat lagi, yang bikin kemepyar. Saya melangkah ke sebuah kedai soto di ujung selatan Kota Magelang, tepatnya di dekat gapura Saragan. Yaitu di sisi selatan Jalan Sarwo Edhie Wibowo, sekitar 100 meter dari jalan utama. Disanalah terletak sebuah kedai dari bahan setengah beton setengah anyaman bambu. berkapasitas sekitar dua belas orang. Kedai ini menyediakan hidangan yang unik, Soto Bathok.
Kenapa disebut soto bathok? Bukan karena bahan utamanya bathok alias tempurung kelapa, lho… Itu karena penjual soto tidak menggunakan mangkok dari bahan beling atau porselen, tapi menggunakan wadah-wadah cantik dari bathok. Ada dua pilihan Soto Bathok Sapi dan Soto Bathok Ayam. Untuk membunuh penasaran saya pada cita rasa soto yang tampilannya unik ini, saya memesan satu porsi Soto Bathok sapi. Minumannya es jeruk saja.
Tak lama, pesanan saya datang. Hmmmm, nikmat! aroma tajam rempah-rempah berpadu dengan wangi daun jeruk dan batang sereh sungguh menggugah selera. Kuahnya bening tapi ngaldu sekali, gurih tapi tidak eneg. Disajikan dengan nasi panas yang bertabur bawang goreng. Sebagai pelengkapnya ada perkedel, aneka gorengan, dan kerupuk yang boleh Anda ambil sendiri. Mantap!! Es jeruknya, asam-asam segar, manis menyenangkan klop sudah…perut kenyang pikiran kemepyar.
Soto Bathok yang lezat ini dibanderol seharga 5000 rupiah per porsi, aneka minuman seperti air teh dan air jeruk berkisar antara 1500 sampai 2000 rupiah. Rasa lezat, tempat bersih dan nyaman, serta harga yang terjangkau menjadi alasan sempurna mengapa Anda harus mencobanya ketika singgah di Kota Magelang.(Rt)

Alamat : Saragan (seberang Gd. Wiworo Wiji Pinilih (DPRD Lama) Kota Magelang), Magelang.

1 komentar:

  1. enak bgt tuh kayagnya, bisalah jadi list makanan kpan2 klo berkunjung didaerah situ
    let's checked http://pewartawonogiri.blogspot.com/ tukeran info yah sobat blogger

    BalasHapus