Kamis, 13 Januari 2011

Rasa Unik Mie Tasik

Penasaran pada rekomendasi teman tentang kedai Mie Tasik yang terletak tak jauh dari tempat kerja saya, saya memilih kedai ini untuk tujuan makan siang. Kedai sederhana bercat dominan hijau yang berada persis di seberang POM Bensin Armada-Mertoyudan ini nampak sederhana dan mungil. Namun ternyata tersedia tempat yang cukup lapang di dalam berbagi dengan rumah tinggal sang pemilik kedai. 

Mie ayam komplit dengan bakso menjadi pilihan diantara puluhan varian masakan yang ditawarkan. Sambil menunggu menu pesanan datang, saya membolak-balik daftar menu yang dijilid spiral dengan warna yang menarik itu. Rupanya bukan hanya menu berbahan dasar mie yang bisa kita dapatkan di sini. Ada juga aneka olahan bihun, kwetiau, dan nasi goreng. Harga berkisar antara Rp 5000,- hingga Rp 12.000,- sedangkan aneka minuman dari yang standar seperti es teh dan es jeruk hingga jus buah yang bergantung pada musim dipatok dari Rp 1500,- hingga Rp 3000,-.
Pesanan saya akhirnya datang juga. Mie Tasik tampil seperti mie ayam yang biasa kita jumpai, mie basah yang diseduh setengah matang dipadukan dengan potongan daging ayam berbumbu manis dengan sawi dan taoge sebagai pelengkapnya. Untuk kuahnya disajikan panas terpisah dalam mangkuk kecil berisi dua butir bakso sapi dengan sawi rebus yang masih ijo royo-royo.
Ternyata yang menjadi pembeda Mie Tasik dengan mie ayam lainnya adalah sambal tauco yang menjadi pelengkap, disamping kecap, saus sambal dan cuka. Sambal tauco ini warnanya merah pekat dengan tekstur kental. Rasanya dominan pedas asin dan sedikit asam. Ketika dipadukan dengan mie basah yang bertekstur kenyal, sawi dengan tekstur krenyes-krenyes dan cincangan ayam yang manis gurih ditambah kuah kaldu ayam panas, mmm…nampol enaknya!!
Kedai  ini menjadi rekomendasi untuk Anda yang menjadi penggemar olahan mie. Atau untuk Anda yang sedang dalam perjalanan melewati jalan utama Jogja - Magelang dan hendak mengisi perut, silakan mampir karena kedai buka dari pagi hingga malam hari. Sebagai informasi tambahan karena halaman kedai baru-baru ini terkena pelebaran jalan propinsi dan minim sekali lahan parkirnya, saya sarankan hati-hati memarkir kendaraan Anda ya.. (Rt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar